Blog sebagai Refleksi diri. Resum ke 29 kBMN28

 



Salam sejahtera untuk kita semua
Senang dan bahagia rasanya dipenghujung pertemuan Kelas Menulis ini, bisa hadir berbagi bersama-sama bapak ibu guru yang hebat. Yang mengajar bukan hanya mengajar, yang bergerak bukan hanya bergerak biasa.

Terima kasih Omjay dan Tim Solid yang selalu memberikan kesempatan untuk berbagi di kelas yang luar biasa.

Kelas ini adalah kelas yang luar biasa. Kelas yang mengajak menulis dengan kecepatan tinggi. Bagi peserta yang kurang bisa beradaptasi, pastinya merasa keteteran, Setiap peserta di sini tentunya menjadikan blog sebagai tempat untuk menyimpan tulisan-tulisan yang dibuat dan ditugaskan dalam kelas ini. Ijinkan saya berbagi pengalaman dalam memanfaatkan blog yang saya kelola.

Blog atau web yang saya kelola adalah penamrbams.id inilah penampakan webblog yang saya kelola, alhamdulillah sudah mendapatkan google adsense, walau belum bisa dicairkan karena belum memenuhi ketentuan yang berlaku. Batasnya adalah Rp. 1.300.000, sudah dua tahun belum sampai juga, tapi memang tujuannya bukan mencari cuan. Punya web ini salah satu cara :

1. Menunjukkan identitas digital (nasionalisme) dengan DOT ID (Indonesia)

2. Menunjukkan sebagai guru yang beradaptasi dengan era digital

3. Dibiayai oleh sertifikasi, sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada negara bahwa dana digunakan untuk mendukung kegiatan penujang guru.

4. Tempat menyimpan atau menyalurkan hobi menulis apa pun

Nah, sebelum kepada Refeksi Diri, ijinkan saya mengenalkan tampilan ini di web, sebagai gerbang bagi murid yang belajar bersama Mr. Bams di SMP Taruna Bakti Bandung (terletak di Jl LLRE Martadinata No 52 Bandung) belakang Gedung Sate.

bila geser ke bawah dibagian samping kanan (bila menggunakan laptop) saya simpan logo SMP Taruna Bakti. Murid yang belajar bersama Mr. Bams bisa klik tulisan *Informatika* kemudian akan masuk kedalam pilihan pembelajaran sesuai kelas masing-masing.

Refleksi Diri

Bagi saya sebagai guru refleksi diri yang dituliskan oleh murid sangatlah penting. Murid setiap mengakhiri pembelajaran (5-10 menit) mengisi form yang sudah dibuatkan.dengan fasilitas blog ini kita bisa membuat blog sebagai media pembelajaran dan sumber belajar bagi para siswa, di dalam blog kita menyisipkan suatu wadah untuk refleksi diri yaitu kita  bisa meminta masukan dan saran dari para murid untuk memberikan refleksinya kepada kita tentangmateri pelajaran yang kita ajarkan.

misalnya dengan membuat beberapa Pertanyaan yang harus dijawab murid adalah :

*Tuliskan dalam bentuk paragrap. Apa yang dipelajari hari ini? Silahkan dijelaskan. Materi apa yang masih menjadi kesulitan bagi kalian (harus dijelaskan kembali)? Bagaimana perasaan kamu saat belajar bersama Mr. Bams? Adakah masukan untuk  Mr. saat pembelajaran hari ini? Kalau ada jelaskan. Mohon jelaskan dengan kalimat lengkap tidak dalam bentuk jawaban sebuah pertanyaan. Contoh : Hari ini saya ulangan bab 1. Sebelum ulangan Mr. Bams menjelaskan tujuan ulangan tidak hanya mendapatkan nilai, akan tetapi melatih kejujuran dan kepercayaan diri. Hari ini perasaan saya sangat senang belajar Mr. Bams karena sebelum dan selama ulangan berjalan dengan lancar. Masukannya kalau bisa ulangannya tidak esai semua.*

dari hasil refleksi siswa iitu nanatinya akan masuk ke dalam google sprentdseet sehingga akan terlihat apa saja dan siapa saja dari para siswa yang mengisi dan memberikan refleksinhya untuk kemajuan dan perkembangan ke depannya.Data ini kemudian di urutkan berdasarkan kelas Di excel pun setelah dicopy kemudian diurutkan kembali Nah hasilnya seperti diatas. Ada saja murid yang lupa tidak mengisi. Setelah diurutkan maka akan ketahuan murid absen berapa yang tidak mengisi.

*Setiap mengisi saya berikan 10 poin, setiap minggunya saya akumulasikan* Setelah diurutukan saya lanjutkan untuk copy ke blog, hanya memang kalau langsung dari excel hasilnya kurang rapih. Maka saya copy dulu ke word.Setelah dari word baru ke website.

Kalau kita membaca tulisan murid ini ada beberapa hal yang bisa kita ketahui dari hasil tulisan ini :

1. Materi yang dipejari

2. Aktivitas yang dilakukan apa saja

3. Persaan yang dirasakan oleh murid

4. Karater yang spiritual untuk mengingat Tuhan YME

Hal yang tanpa disadari oleh murid : *mereka sedang dilatih menulis, mempraktikan kemampuan penguasaan materi Bahasa Indonesia*  sehingga dengan setiap hari menulis maka lama-lama ketrampilan mereka dalam dunia tulis menulis akan terus terasah dan ke depannya bsa menjadi penulis yang hebat, selain ituanak -anak akan terarah untuk mengunakan gteknologi kepada hal-hal yang positi dan memberi manfaat, bukan sekedar untuk hiburan ssemata..

Bagi guru banyak manfaatnya:

Bila di google di cari dengan kunci *Refleksi Diri Mr. Bams* , maka yang muncul adalah

Dampak dari pemanfaatan blog/web untuk pembelajaran, salah satunya mengisi refleksi diri, maka jejak digital kita akan semakin banyak. Inilah hasil dari tahun ke tahun Ajaklah murid kita menulis, hubungkan dengan mata pelajaran yang kita ampu*. Manfaatkan blog untuk media pembelajaran juga.

Demikian berbagi pengalaman hari ini, semoga akan berkembang di sesi tanya jawab. Terima kasih sudah bisa memperhatikan, disela-sela aktivitas bersama keluarga tercinta. Salam buat orang-orang terdekat, semoga selalu banyak hal yang indah yang bisa dilakukan sesuai tugas kita dimana pun berada.

Ikan hiu makan tomat

I love you so much

Hari Kamis bawa palu

I miss you

Jika kamu ingin mengenal dunia, membacalah. Jika kamu ingin dikenal dunia, menulislah."*(Armin Martajasa)

materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. diantaranya adalah sebagai berikut:

P1: Yuni asal kab. Bekasi  Yang mau ditanyakan tadi sudah cek blognya bagus sekali untuk evaluasi atau penilaian terintegrasi dengan blog kita ada tulisan silahkan klik disini, ada refleksi dll bagaimana caranya agar seperti itu tampilannya pak terimakasih.

 J.1 Bu Yuni dari Bekasi yang penuh semangat.

Terima kasih sudah mengobrak-abrik web penamrbams.id semoga semakin penasaran.  Fasilitas hyperlink bisa digunakan di web kita. Blogspot dan wordpress bisa dimanfaatkan sebagai blog untuk menunjang pembelajaran kita di kelas. Hanya saja kalau kompasiana itu hanya untuk menuliskan artikel saja.

 P2 : Imro'atus Sholihah_ Jombang Jatim

Blog sebagai media yang ideal dan efektif untuk mendokumentasikan refleksi diri siswa.

Mengapa demikian dan manfaat apa secara lebih lanjut yang bisa kita dapatkan dari blog?

J2 Terima kasih Pa Imron dari Jombang yang baik hati.

Manfaat yang saya rasakan :

1. Sebagai guru kita bisa menujukkan kepada siswa, bahwa guru memanfaatkan teknologi dalam pembelajar, semoga menjadi motivasi kepada siswa

2. Murid bisa memanfaatkan media ini sebagai jejak digitalnya

3. Murid yang tidak masuk, saat melihat dan membaca refleksi diri yang ditulis temannya merasa dapat informasi banyak

4. Manfaat lebih lanjut adalah belajar konsisten dengan apa yang biasa dikelola.

P3: Lucy, Bandung

Assalamualaikum, Saya Lucy mau bertanya. Bagaimana cara pemberian poin/skornya? maksimal nilai siswa berapa?

J3 Waalaikumsalam w.w.Terima kasih Bu Lucy di Bandung, wah ini dekat ngak yah dari SMP Taruna Bakti. 

Setiap mengisi siswa diberikan poin 10. Skor yang dicantumkan di minggu depan sudah diakumulasi dengan minggu ini. Misalnya ABCDE pertemuaan ke 1 mengisi refleksi diri, maka saya akan memberikan point 10. Kemudian di pertemuan ke 2 mengisi kembali maka poin yang akan dicantumkan di tabelnya adalah 20.

P4 : Nama: Elizabeth Kanserita Henny Anggorowati

Asal : Jakarta Barat Pertanyaan: Terima Kasih MrBams, materi malam ini sangat menginspirasi

Saya ingin menanyakan, bagaimana jika refleksi diri diterapkan kepada siswa SD kelas 3, yang setiap harinya tidak membawa HP saya punya rencana untuk mereka tuliskan terlebih dahulu di kertas atau buku, lalu saya salin ulang ke blog, tapi lumayan banyak juga ya jika harus disalin satu persatu, Atau saya hanya perlu upload tulisan mereka yang sudah saya foto saja?

J4 Terima kasih Bu Elizabeth yang selalu mau terus belajar. Sesungguhnya lakukanlah refleksi dengan pertimbangan sebagai berikut :

1. Tidak memberatkan siswa dan guru

2. Perhatikan kondisi siswa dan sarana pendukung

3. Lakukan oleh guru dengan riang gembira

Usul saya karena kelas 3, 

1. Siapkan kertas kecil ukuran 5 cm x 5 cm (boleh kelas warna-warni)

2. Siswa menuliskannya di kertas tersebut

3. Setelah itu ibu siapkan kertas HVS kosong, tempelkan kertas kecil tersebut di HVS tersebut. Dipisah nanti per pertemuan

atau mau disalin, ditik ulang bila waktu senggang disimpan di blog juga ok. Bisa juga tulisannya difoto simpan di google slide

Nah, dari sini nanti kita sebagai guru bisa melihat kemampuan anak dengan berbagai sudut pandang ":

1. Siswa yang konsisten menulis

2. Siswa yang kadang menulis kadang tidak

3. Siswa yang menulis seadaanya

Poin refleksi diri bisa saya gunakan untuk remedial, bila ada nilai yang kurang-kurang dikit, poin refleksi diri bisa membantu tambahan kekurangan nilai.

Contoh : Nilai di raport yang diharapkan adalah 80, siswa ini nilainya 79. Seharusnya remedial, tapi karena poin refleksinya tinggi maka siswa tersebut tidak usah melakukan remedial


Komentar

Postingan populer dari blog ini

WRITE EVERY DAY AS A LIFESTYLE RESUM KE 1 KBMN 28

Belajar Menulis